• Kamis, 8 Desember 2022

Mahasiswa KKN Demonstrasi Pembuatan Pupuk Bokasi di Golo Ndoal Mabar NTT

- Selasa, 19 Juli 2022 | 16:46 WIB
Mahasiswa UKI Santu Paulus Ruteng, NTT, gelar demonstrasi pembuatan Pupuk Bokasi di Desa Golo Ndoal, Manggarai Barat.
Mahasiswa UKI Santu Paulus Ruteng, NTT, gelar demonstrasi pembuatan Pupuk Bokasi di Desa Golo Ndoal, Manggarai Barat.

KLIKLABUANBAJO.ID| Mahasiswa dari Universitas Katolik Indonesia (UKI) Santu Paulus Ruteng yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN), memberikan penyuluhan dan demonstrasi pembuatan Pupuk Bokasi di Kampung Noa, Desa Golo Ndoal, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT, Senin, (19/07/2022).

Penyuluhan dan demonstrasi oleh mahasiswa KKN dari UKI Santu Paulus itu disaksikan oleh Kelompok Tani yang ada di Desa Golo Ndoal, dihadiri juga oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Marsin Ngampu, S.Pt.

Penyuluhan tentang teknik pembuatan dan manfaat Pupuk Bokasi diberikan oleh dua orang mahasiswa KKN dari UKI Santu Paulus, yakni Aventus Purnama Dep dan Apolonius Harmin.

Baca Juga: KKN di Cunca Wulang, Mahasiswa Unika Santo Paulus Ruteng Diterima Secara Adat

Salah satu tujuan kegiatan itu untuk mendukung para petani dalam membudidayakan tanaman hortikultura.

Aventus dalam penyuluhannya menjelaskan bahwa alat dan bahan pendukung dalam pembuatan Pupuk Bokasi adalah EM4, kapur dolomit, gula merah, kapur pembenah tanah, kotoran ternak, sekam padi yang sudah dibakar, tanah, air, ember dan sekop.

"Kami ingin mendorong kita semua agar memanfaatkan lahan pekarangan di sekitar rumah atau manfaatkan polybag sebagai media tanam dalam membudidaya komoditas hortikultura", kata Aventus, mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (SEP).

Baca Juga: Inilah Program Kerja Mahasiswa Unika Santo Paulus Ruteng Selama KKN di Cunca Wulang

Sebagai PPL, Marsin menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa KKN dari Jurusan SEP yang memberikan penyuluhan, sekaligus mendemonstrasi cara pembuatan Pupuk Bokasi saat itu.

"Dari segi manfaat, Pupuk Bokasi ini tepat sekali untuk diaplikasikan di lahan komoditas hortikultura yang ada di sekitar rumah," kata Marsin.

Halaman:

Editor: Servatinus Mammilianus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produksi Cengkeh Membaik, Harga Pun Cukup Bagus

Minggu, 17 Juli 2022 | 22:18 WIB
X