Membanggakan, Peserta Magang dari PBK BLK Mabar NTT Langsung Terserap ke Dunia Kerja

- Kamis, 8 Desember 2022 | 13:45 WIB
Acara pelepasan peserta PBK. Membanggakan, peserta magang dari PBK BLK Mabar NTT langsung terserap ke dunia kerja.
Acara pelepasan peserta PBK. Membanggakan, peserta magang dari PBK BLK Mabar NTT langsung terserap ke dunia kerja.

KLIKLABUANBAJO.ID| Membanggakan, dari 160 orang peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) tahun 2022, sebanyak 80 persennya terserap ke dunia kerja atau langsung direkrut menjadi pegawai di hotel-hotel yang ada di Labuan Bajo.

160 orang itu sudah menyelesaikan pelatihan dan secara resmi ditutup serta dilepas oleh Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi, Senin (5/12/2022) di aula lantai satu Kantor Bupati Mabar.

Baca Juga: Putus Asa, Sebuah Puisi

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Theresia Primadona Asmon, saat itu membenarkan bahwa di antara peserta tersebut ada yang sudah bekerja direkrut oleh hotel, ada juga yang sudah membuka usaha sendiri.

"Bahkan sudah menjadi pegawai di hotel tempat mereka magang. Ada 160 peserta eks pelatihan dengan beberapa program. Sudah selesai kelas, ada yang sudah 6 bulan ada yang sudah 8 bulan. sebagian peserta sudah bekerja dan sedang buka usaha," kata Theresia yang akrab disapa Ney Asmon.

Baca Juga: Menjelang Liburan Natal dan Tahun Baru Ada Penambahan Jumlah Kedatangan Kapal Pelni di Labuan Bajo

Beberapa paket pelatihan yang ditekuni peserta saat pelatihan di BLK yakni Barista 2 kelas, Tour guide 2 kelas, FB Service, Tata Boga, Roasting Kopi, Otomotif 2 kelas, AC.

Masing-masing kelas terdiri dari 16 orang peserta.

"Seratus orang peserta dimagangkan di beberapa hotel selama lima bulan dan 80 persen terserap atau dikontrak hotel," kata Ney.

Baca Juga: Stan 'Ganda Obat' Tradisional Selalu Jadi Kerumunan Masyarakat di Pasar Desa di Labuan Bajo NTT

Halaman:

Editor: Servatinus Mammilianus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X