KLIKLABUANBAJO.ID| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar), menanggapi 7 poin masukan dari Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terkait peningkatan pariwisata super premium Labuan Bajo.
Tanggapan disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan (Disparekrafbud) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Pius Baut.
Baca Juga: Top, Bambu Asal Ngada NTT Didorong untuk Menjadi Bahan Baku Konstruksi di Seluruh Indonesia
Dia menjelaskan, pihaknya sudah pernah membicarakan dengan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) tentang pembangunan beberapa sarana pendukung di beberapa spot dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).
"Untuk pembangunan beberapa sarana pendukung di beberapa spot di TNK, kami sudah pernah bicarakan dengan pihak BTNK karena terkait otoritas pengelolaan TNK," kata Pius.
Baca Juga: Merawat Emas Hijau, Animo Petani Manggarai Barat NTT Masih Lesu
Disparekrafbud Mabar kata dia saat ini fokus pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ekonomi Kreatif (Ekraf).
"Terkait pengembangan SDM, Ekraf, ini menjadi fokus Pemda tahun ini dan tahun-tahun akan datang," kata Pius.
Sebelumnya diberitakan, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan 7 Poin Masukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar), terkait peningkatan pariwisata super premium Labuan Bajo.
Baca Juga: Langkah Antisipasi Pariwisata Labuan Bajo Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Ada 2 Strategi Utama
7 Poin itu merupakan rangkuman dari masukan-masukan para General Manager (GM) yang hadir dalam pertemuan bersama beberapa waktu lalu di Labuan Bajo.
"Kami tangkap dari beberapa masukan dari rekan GM yang hadir dan dicatat dalam poin ini, mungkin bisa menjadi masukan untuk Pemkab Manggarai Barat di dalam meningkatkan pariwisata super premium yang fokus utama dalam kebijakan pengembangan pariwisata ini harus diutamakan untuk beberapa hal," kata Sekretaris IHGMA Provinsi NTT Alief Khunaefi yang juga sebagai General Manager (GM) Silvya Hotel Labuan Bajo.
Baca Juga: Hati Yang Rapuh, Puisi Fareliana Hardianti
Berikut tujuh poin masukan dari IHGMA NTT untuk Pemkab Mabar.
1. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana publik untuk menciptakan pelayanan dan kenyamanan (publik parkir, toilet, sarana cendra mata) di semua spot wisata yang ada di Pulau Komodo.