• Rabu, 5 Oktober 2022

Tenun, Bambu, dan Kopi, Tiga Potensi yang Digaungkan Wololobo Ngada Festival 2022

- Selasa, 20 September 2022 | 01:06 WIB
Opening Ceremony Woloobo Ngada Festival 2022 (Dokumentasi BPOLBF)
Opening Ceremony Woloobo Ngada Festival 2022 (Dokumentasi BPOLBF)

 

KLIKLABUANBAJO.ID --- Tenun, Bambu dan Kopi tema besar yang diusung dalam kegiatan Wololobo Ngada Festival, yang digelar sejak 14 September hingga 24 September 2022.

Wolobobo Ngada Festival (WNF) 2022 secara resmi dibuka oleh Bupati Ngada, Andreas Paru, S.H., M.H, di Lapangan Kartini Bajawa, Ngada, Sabtu, (17/09/2022) sore. 

"Untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, menghidupkan usaha mikro kecil dan menengah, dan membangkitkan ruang kreativitas bagi para pegiat seni dan budaya pasca pandemi ini, maka Pemerintah telah melakukan berbagai upaya diantaranya melalui pelaksanaan Wolobobo Ngada Festival 2022,"jelas Bupati Andreas dalam sambutannya. 

Baca Juga: Ke Nusa Bunga Jangan Lupa Mampir di Pondok Flores Labuan Bajo, Ada Menu Makanan Kebanggaan Masyarakat NTT

Bupati Ngada mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan WNF 2022 sebagai ajang mempromosikan semua potensi yang ada di Ngada dalam Nilai dan Spirit Tante Nela Paris yang dalam istilah masyarakat Ngada adalah akronim dari Tani, Ternak, Nelayan dan Pariwisata untuk memenuhi; TUKA, TUKU, dan TEKA yang memberikan gambaran tentang adanya ketahanan pangan dimana tercermin dari Ketersediaan Pangan, Akses Pangan, dan Pemanfaatan Pangan.  

Edy Wardoyo, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kemenparekraf yang hadir dalam Opening Ceremony WNF 2022 berharap agar event WNF bisa masuk dalam 10 Event Utama tahun 2023, mengingat WNF 2022 telah berhasil masuk dalam 100 Kharisma Event Nusantara 2022 dan merupakan capaian yang harus dipertahankan. 

"Wolobobo Ngada Festival 2022 pada tahun ini masuk ke dalam 100 Kharisma Event Nusantara. Tentunya kami dari Kemenparekraf sangat bangga apalagi rangkaian festival yang dilakukan beberapa hari ini diisi dengan aneka ragam atraksi yang ditampilkan. Kami berharap apa yang sudah dicapai pada tahun ini dapat dipertahankan dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara berikutnya. Tidak hanya masuk dalam daftar 100 besar tetapi masuk dalam 10 event utama," ungkap Eddy. 

Baca Juga: Pantang Menyakiti Hati Empo Cunca Wulang Labuan Bajo NTT, Ini Peringatannya untuk Wisatawan

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina saat Opening Ceremony  mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya Festival Wolobobo yang sudah berlangsung sejak 14 September lalu dan berkomitmen untuk terus mendorong produk pariwisata Ngada bisa mencapai pasar yang lebih besar. 

Halaman:

Editor: Robertus Endang S

Sumber: Divisi Komunikasi Publik BPO Labuan Bajo Flores

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X