KLIKLABUANBAJO.ID – Dalam rangka mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan 4,4 Juta lapangan kerja di Tahun 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada berupaya menggaet para wisatawan manca negara pada “Arabian Travel Market" (ATM) Dubai 2023.
ATM 2023 digelar sejak 1 Mei sampai 4 Mei 2023 yang berlangsung di Dubai World Trade Centre. Kemenparekraf RI berupaya menggaet wisatawan asing datang ke Indonesia pada bursa pariwisata internasional di Timur Tengah tersebut.
Dalam siaran pers Kemenparekraf RI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Senin (1/5/2023) menyatakan pemerintah tengah mengupayakan layanan yang baik bagi pelaku perjalanan luar negari (PPLN).
Untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah melakukan relaksasi terhadap berbagai aturan bagi PPLN untuk memasuki Indonesia Pascapandemi.
“Kami berharap partisipasi aktif Indonesia dalam ATM Dubai 2023 dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan devisa negara dan penambahan lapangan pekerjaan," kata Menparekraf Sandiaga Uno.
Partisipasi Indonesia dalam ATM Dubai adalah salah satu upaya aktif pemasaran pariwisata Indonesia di kancah Internasional. Kawasan Timur Tengah sendiri menjadi kawasan yang masuk dalam daftar pasar utama Indonesia yang sangat strategis.
“Dan kami menargetkan transaksi yang diperoleh pada ATM Dubai 2023 ini dapat mencapai 55 ribu pax dengan fokus peningkatan empat aspek, yaitu experience, quality, sustainability, dan luxury tourism,” kata Sandi.
Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini tidak lepas dari peran para pelaku industri pariwisata Indonesia yang melakukan collaborative marketing.
“Saya juga sangat mengapresiasi sebesar-besarnya bagi pelaku pariwisata tanah air yang telah bekerja sama guna membangkitkan pariwisata Indonesia,” kata Sandi.
Baca Juga: Niang Pongkor, Jejak Kampung Tua yang Masih Lestari di Manggarai NTT
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengungkapkan sejumlah strategi khusus yang disiapkan oleh Kemenparekraf bersama dengan industri yang tampil di ATM Dubai 2023.
“Selain tema ‘Visit Indonesia Year 2023: Explore Our New Wonderful Destinations’, promosi kita tidak akan lepas dari dua hal. Yakni pariwisata berkelanjutan dan pariwisata berkualitas yang sejalan dengan tren pariwisata dunia saat ini,” kata Made.
Artikel Terkait
Lahan Tandus di Salah Satu Daerah di Indonesia ini Berhasil Diubah Menjadi Kawasan Pariwisata Prestisius
7 Poin Masukan dari IHGMA NTT untuk Pemkab Mabar terkait Pariwisata Super Premium
Langkah Antisipasi Pariwisata Labuan Bajo Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Ada 2 Strategi Utama
Ini Tanggapan Pemkab Mabar terhadap 7 Poin Masukan dari IHGMA NTT tentang Pariwisata Super Premium
Evaluasi Uskup Ruteng Terkait Capaian Target Tahun Pastoral Pariwisata Holistik 2022
Evaluasi Pastoral Pariwisata Holistik 2022 Gereja Katolik Keuskupan Ruteng
PUPR Bangun Rumah Mewah Bagi Masyarakat Labuan Bajo NTT , Banyak Tak Layak Jadi Sarana Hunian Pariwisata
Horor Liburan Nataru di Sekolah Pariwisata di Labuan Bajo NTT, Plafon Ruangan Kelas Ambruk Seketika
Spot Wisata Perbukitan Gersang , Pesona Lain Pariwisata Alam Pulau Flores NTT
Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo NTT Dipamerkan Pada Bursa Pariwisata Internasional di Hanoi Vietnam