Indonesia Siap Gaet Wisman Melalui Arabian Travel Market Dubai

photo author
- Rabu, 3 Mei 2023 | 15:35 WIB
Pesona busana budaya Indonesia (Kemenparekraf.id)
Pesona busana budaya Indonesia (Kemenparekraf.id)

KLIKLABUANBAJO.ID – Dalam rangka mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan 4,4 Juta lapangan kerja di Tahun 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada  berupaya menggaet para wisatawan manca negara pada Arabian Travel Market" (ATM) Dubai 2023.

ATM 2023 digelar sejak 1 Mei sampai 4 Mei 2023 yang berlangsung di Dubai World Trade Centre. Kemenparekraf RI berupaya menggaet wisatawan asing datang ke Indonesia pada bursa pariwisata internasional di Timur Tengah tersebut.

Dalam siaran pers Kemenparekraf RI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Senin (1/5/2023) menyatakan pemerintah tengah mengupayakan layanan yang baik bagi pelaku perjalanan luar negari (PPLN).

Baca Juga: Sisi Lain Kampung Pata di Congkar Manggarai Timur, Kental Tradisi Budaya dan Pusat Penghasil Komodi Kopi

Untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah melakukan relaksasi terhadap berbagai aturan bagi PPLN untuk memasuki Indonesia Pascapandemi.

“Kami berharap partisipasi aktif Indonesia dalam ATM Dubai 2023 dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan devisa negara dan penambahan lapangan pekerjaan," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Partisipasi Indonesia dalam ATM Dubai adalah salah satu upaya aktif pemasaran pariwisata Indonesia di kancah Internasional. Kawasan Timur Tengah sendiri menjadi kawasan yang masuk dalam daftar pasar utama Indonesia yang sangat strategis.

Baca Juga: Sukseskan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kemenkominfo Gelar Bimtek Bagi Pengelola Media Sosial Pemerintah

“Dan kami menargetkan transaksi yang diperoleh pada ATM Dubai 2023 ini dapat mencapai 55 ribu pax dengan fokus peningkatan empat aspek, yaitu experience, quality, sustainability, dan luxury tourism,” kata Sandi.

Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini tidak lepas dari peran para pelaku industri pariwisata Indonesia yang melakukan collaborative marketing. 

“Saya juga sangat mengapresiasi sebesar-besarnya bagi pelaku pariwisata tanah air yang telah bekerja sama guna membangkitkan pariwisata Indonesia,” kata Sandi. 

Baca Juga: Niang Pongkor, Jejak Kampung Tua yang Masih Lestari di Manggarai NTT

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengungkapkan sejumlah strategi khusus yang disiapkan oleh Kemenparekraf bersama dengan industri yang tampil di ATM Dubai 2023. 

“Selain tema ‘Visit Indonesia Year 2023: Explore Our New Wonderful Destinations’, promosi kita tidak akan lepas dari dua hal. Yakni pariwisata berkelanjutan dan pariwisata berkualitas yang sejalan dengan tren pariwisata dunia saat ini,” kata Made.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Feliks Janggu

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Bajo Dance Festival 2025 Disambut Hangat Warga

Rabu, 22 Oktober 2025 | 17:01 WIB

1.731 Wisatawan Mancanegara Kunjung GBC Labuan Bajo

Jumat, 10 Oktober 2025 | 06:39 WIB

Wisatawan Peminat Burung Meningkat di Labuan Bajo

Sabtu, 4 Oktober 2025 | 16:17 WIB

1.345 Wisman Berkunjung ke GBC Labuan Bajo

Senin, 11 Agustus 2025 | 07:39 WIB

Terpopuler

X