• Rabu, 5 Oktober 2022

Setia Pada Jalinan Kisah Asmara 2 Dunia di NTT, Masyarakat Pantang Menyakiti Ular saat Ditemui di Hutan

- Minggu, 18 September 2022 | 14:15 WIB
Mulut Gua Istana Ular di Desa Galang, di mana terdapat ular putih di dalamnya, menjadi spot wisata unik andalan di Labuan Bajo NTT. (Foto: Pos Kupang)
Mulut Gua Istana Ular di Desa Galang, di mana terdapat ular putih di dalamnya, menjadi spot wisata unik andalan di Labuan Bajo NTT. (Foto: Pos Kupang)

KLIKLABUANBAJO.ID -- Kisah cinta dua (2) dunia, yang melahirkan pernikahan antara manusia dan ular di Gua Istana Ular Desa Galang, Labuan Bajo NTT sangat dijaga oleh masyarakat setempat.

Apalagi masyarakat Suku Ronggot, yang diyakini bertalian darah dengan Latim, lelaki yang di masa silam memperistri Ular yang menjelma jadi perempuan cantik.

Latim, lelaki dari Suku Ronggot setelah menikahi Jin atau Darat bernama Ndasam, kemudian menghuni istana ular.

Baca Juga: Pondok Flores Ajak Wisatawan Amerika Bantu Promosi Wisata Papagarang di Taman Nasional Komodo Labuan Bajo NTT

Dari pernikahan Latim dan Ndasam, melahirkan seorang anak bernama Aben. Aben memiliki seorang istri bernama Nodia.

Ada di antara tetua masyarakat Desa Galang mampu berkomunikasi dengan ular-ular, dan mengetahui satu per satu nama ular yang ada di sana.

Ketika wisatawan berkunjung ke istana ular, tetua adat yang memiliki kemampuan khusus ini menggelar upacara adat meminta permisi kepada ular di sana.

Baca Juga: Ada Kisah Misterius di Pulau Terselatan Negeri yang Berada di NTT

Ritus adat itu dilakukan sebagai cara penghormatan kepada tuan rumah yang menghuni istana ular.

Halaman:

Editor: Feliks Janggu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X