• Kamis, 8 Desember 2022

Renungan Singkat Inspirasi Harian Katolik Senin 3 Oktober 2022, Bacaan Diambil dari Injil Lukas 10:25-37

- Senin, 3 Oktober 2022 | 03:55 WIB
Ilustrasi Renungan dan Doa Malam Katolik (Pixabay)
Ilustrasi Renungan dan Doa Malam Katolik (Pixabay)

KLIKLABUANBAJO.ID --- Renungan singkat inspirasi harian Katolik hari ini, Senin 3 Oktober 2022.  Bacaan Injil hari ini diambil dari Injil Lukas 10:25-37

Berikut renungan singkat inspirasi hari ini yang dikutip median ini dari renunganpagi.id


Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, hari ini kita merenungkan perumpamaan terkenal tentang orang Samaria yang baik hati yang diceritakan Yesus kepada murid-murid-Nya, kepada orang-orang Farisi dan para ahli Taurat.

Dan perumpamaan itu dimaksudkan sebagai teguran dan pengingat bagi para elit ini dalam masyarakat Yahudi, bahwa kecuali mereka bertindak dengan cara yang diharapkan oleh Tuhan.

Tuhan Yesus bermaksud perumpamaan itu untuk menunjukkan kepada umat-Nya, bagaimana mereka yang mengikuti-Nya harus bertindak terhadap satu sama lain, yang penuh dengan cinta, belas kasih.

Orang Lewi dan imam yang digambarkan dalam perumpamaan itu adalah representasi dari semua orang yang telah dipilih Allah untuk menjadi pemimpin dan pembimbing bagi umat-Nya, karena merekalah yang diberi hak istimewa sebagai kasta imam di tengah masyarakat, untuk menjadi orang-orang dipilih untuk berada di hadirat Tuhan di Bait Suci-Nya.

Merekalah yang memahami Hukum dan mengingatnya sebagai bagian dari tanggung jawab mereka.

Namun, ketika kita membaca tindakan mereka dalam perumpamaan yang kita baca hari ini, kita melihat bahwa orang-orang ini baru saja melewati pria yang dirampok dan dipukuli, dibiarkan mati di pinggir jalan.

Mereka tidak menunjukkan kepedulian dan kepedulian terhadap orang yang membutuhkan bantuan mereka, meskipun mereka memiliki kemampuan dan kesempatan untuk melakukannya.

Mereka dengan hati-hati mengabaikan saudara-saudara mereka yang membutuhkan, dan karena itu mereka telah berdosa, bukan karena dosa tindakan tetapi karena dosa kelalaian.

Halaman:

Editor: Robertus Endang S

Sumber: renunganpagi.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis-Artis Pemenang Setiap Kategori Awards SCTV 2022

Selasa, 15 November 2022 | 09:05 WIB
X