• Rabu, 5 Oktober 2022

Budidaya Anggur di Daerah Tropis Ternyata Tidak Rumit, 8 Bulan Sudah Berbuah dan Bisa Dipanen Sepanjang Musim

- Jumat, 2 September 2022 | 07:13 WIB
Bibit Anggur (Foto: Tangkapan Layar Video YouTube CapCapung)
Bibit Anggur (Foto: Tangkapan Layar Video YouTube CapCapung)

KLIKLABUANBAJO.ID --- Membudidaya Anggur di daerah tropis ternyata tidak rumit seperti dipikirkan banyak orang. Jogja Anggur Grape Farm, petani Anggur di daerah Bantul Jogjakarta, bisa membuktikan itu melalui uji coba yang dilakukan selama ini. Anggur berbagai varian rasa di perkebunan mereka berbuah lebat dan dipanen sepanjang musim. 

Baca Juga: Kisah Danang, Petani Anggur Impor yang Sukses Membudidaya Berbagai Varian Rasa

"Anggur gampang berbuah asalkan tanahnya subur. Untuk pupuk itu bisa memakai pupuk yang sederhana, misalnya pupuk kotoran hewan, pupuk limbah dapur seperti air cucian beras, dan sayur-sayuran yang di komposer," kisah Danang Triatmoko, owner Jogja Anggur Grape Farm, dilansir dari YouTube CapCapung.

Selain gampang berbuah, kata Danang, pohon Anggur bisa diatur waktu berbuahnya. Caranya dengan melakukan proses pemangkasan ranting.

"Biasanya 3 bulan setelah pemangkasan akan terjadi pembungaan. Akan keluar tunas baru dan membawa bunga. Jadi enggak harus membutuhkan teknik khusus untuk budidaya anggur," katanya.

Danang Triatmoko mengisahkan, untuk sukses seperti sekarang tidak instan. Awalnya ia tanam 1 pohon Anggur dan ternyata berbuah sangat lebat.  Kemudian ia memberanikan diri berinovasi membuat kebun anggur skala produksi. 

Baca Juga: Nama 12 Kecamatan di Manggarai Barat dan Batas Wilayah Kabupaten itu

"Jadi saya ambil bibit anggur dari luar negeri untuk dikembangkan di sini. Banyak sekali variannya, dari Jepang, Ukraina, Amerika, Australia sehingga jenisnya sangat bervariasi sekali," kata dilansir dari YouTube CapCapung.

Anggur yang ia kembangkan, kata Danang,  lebih dari 70 varietas bahkan bisa sampai 100 varietas.  Namun, ada jenis yang tidak bisa berbuah dan butuh perlakuan khusus dari negara asalnya.

"Tapi dari situ bersama berjalannya waktu, kita bisa seleksi Anggur apa yang cocok di iklim tropis kita," kisah Danang Triatmoko.

Halaman:

Editor: Robertus Endang S

Sumber: Youtube CapCapung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X