KLIKLABUANBAJO.ID| Sebanyak 50 booth atau stan dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), meramaikan pameran Karya Kreatif Mabar Bangkit 2022 di lokasi kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo, mulai 12 Juli hingga 16 Juli 2022.
Event pameran UMKM di lokasi kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo itu, berlangsung atas kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar dengan Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas).
Produk yang dipamerkan oleh UMKM dalam event di tempat kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo itu, antara lain kain wastra, pakaian jadi, kerajinan hingga kuliner.
Baca Juga: Peningkatan Kompetensi Petugas SAR Terus Dilakukan
Pameran tersebut dalam rangka memeriahkan pertemuan G20 di Labuan Bajo yang telah berlangsung sejak Senin (11/7/2022).
Pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, inovasi serta mendorong pemulihan ekonomi kreatif bagi pelaku UMKM dan pariwisata pasca pandemi Covid-19 dengan target wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung.
"Pemerintah daerah sepakat untuk mengadakan pameran produk wastra dan turunan wastra dari asesories perca, fashion tenun dan sovenir, produk makanan dan minuman kemasan yang bisa dijadikan oleh oleh termasuk seluruh produk UMKM yang memiliki daya tarik dan daya jual yang bagus," kata Ketua Akunitas Mabar, Kendi Latubatara di Labuan Bajo.
Baca Juga: Sikap Pemkab Mabar terkait Ketidakpastian Pengelola Proyek KSPN
Dia menambahkan, kegiatan pameran itu diyakini akan berdampak positif bagi kemajuan ekonomi kreatif.
"Tentunya akan berdampak pada pembangunan dan ekonomi kreatif serta pariwisata di daerah ini," kata Kendi.
Pameran Karya Kreatif Mabar Bangkit 2022 ini mengangkat sisi keindahan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dan juga sebagai salah satu side event G20. ***
Baca Juga: Kenaikan NJOP Dikritisi, Pemkab Mabar Sampaikan 6 Alasan