• Rabu, 5 Oktober 2022

Ndana Pulau Terselatan Negeri dan Jejak Pegiat Touring Sepeda

- Jumat, 9 September 2022 | 07:11 WIB
Para pegiat touring sepeda melintas di jalan hingga menembus ke Ndana, pulau terselatan Indonesia. Tampak di pinggir jalan terpasang Bendera Merah Putih menyambut HUT RI ke-77. (Foto: Aditia P Warman.)
Para pegiat touring sepeda melintas di jalan hingga menembus ke Ndana, pulau terselatan Indonesia. Tampak di pinggir jalan terpasang Bendera Merah Putih menyambut HUT RI ke-77. (Foto: Aditia P Warman.)

Ndana merupakan nama sebuah pulau kecil terselatan Indonesia.

Perairan selatan memiliki ombak tinggi, gulungan ombak yang panjang, bulat dan menantang sehingga selalu diincar para peselancar dunia. Itu sebabnya berlayar di perairan Ndana memerlukan nyali dan keberanian yang besar.

Baca Juga: Kisah Cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Suaminya Penganut Ortodoks Yunani Namun Pindah Anglikan

Selasa, 16 Agustus 2022 pukul 05.30 Wita, suasana di Hotel New Ricky, Baa, mulai ramai. Di halaman depan sudah terpasang panggung yang dilengkapi backdrop bertuliskan Jelajah Rote Bike disertai logo sponsor yakni Livin Bank Mandiri, Milk Life dan Kopi Gadjah. Di depan panggung terbangun balon besar  menjadi titik pelepasan peserta touring sepeda tersebut menuju Ndana. Musik pun mulai dihidupkan dengan diiringi lagu-lagu daerah setempat, dan sekali-kali diselingi lagu-lagu kebangsaan Indonesia.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II jadi Putri Mahkota sejak Tahun 1936. Ayahnya menjadi Raja saat itu Menggantikan Edwar VIII

Di dalam hotel, satu demi satu peserta keluar dari kamar masing-masing menuju loby sambil membawa tas pakaian untuk diserahkan kepada panitia. Mereka juga langsung sarapan pagi. Raut wajah tampak begitu bersemangat. Seolah tidak sabar lagi ingin segera berada di Pulau Ndana, lokasi yang menjadi puncak perjalanan Jelajah Rote Bike, yakni merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama pasukan marinir penjaga perbatasan Indonesia-Autralia.

Baca Juga: Mengenal Elizabeth II, Ratu Monarki Britania Raya Selama 70 Tahun

Sesuai arahan panitia, tas yang dibawah ke Ndana yang berukuran kecil yang berisi hanya beberapa potong pakaian. Pertimbangannya, pelayaran ke Ndana menggunakan perahu nelayan sehingga tas pakaian harus simpel dan ringan.

Untuk tas pakaian yang besar, panitia menitipkan di Hotel New Rikcy, sebab pada 17 Agustus 2022 malam, peserta akan menginap kembali di hotel tersebut, sebelum pulang ke Kupang. Hotel ini termasuk yang terbesar di Baa.

Menari Bersama Warga

Halaman:

Editor: Servatinus Mammilianus

Sumber: blalak.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X