• Kamis, 8 Desember 2022

Mengenal Suaka Margasatwa Gunung Tunggangan

- Kamis, 24 November 2022 | 19:57 WIB
Mengenal Suaka Margasatwa Gunung Tunggangan. (Foto: ksdajateng.id)
Mengenal Suaka Margasatwa Gunung Tunggangan. (Foto: ksdajateng.id)

KLIKLABUANBAJO.ID| Suaka Margasatwa Gunung Tunggangan terletak di wilayah Sambirejo, keadaan fisik kawasan secara administrasi wilayah, Suaka Margasatwa Gunung Tunggangan berbatasan dengan wilayah 3 desa di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Baca Juga: Pemukiman Prasejarah Terkenal di Dunia yang ada di NTT, Berikut Informasinya

Ketiga desa itu yakni Desa Sambi, Desa Jambeyan dan Desa Jetis yang berada di dalam wilayah Kecamatan Sambirejo serta 1 desa di wilayah Kabupaten Karanganyar, yaitu Desa Menjing yang masuk dalam wilayah Kecamatan Jenawi.

Baca Juga: Keindahan Panorama Alam Pulau Padar, Salah Satu Ikon Pariwisata Taman Nasional Komodo Labuan Bajo NTT

Kawasan Hutan Gunung Tunggangan pertama kali disebut sebagai suaka margasatwa berdasarkan Surat Persetujuan KKPH Surakarta nomor 46 03 /UM/ V/6 / Ska tanggal 2 Agustus 1961, seluas 103,9 Ha.

Status tersebut diperkuat dengan SK Penunjukan Menteri Kehutanan No.SK. 359/Menhut - II /2004 tanggal 1 Oktober 2004.

Baca Juga: Ombak Terbaik di Dunia ada di NTB, Berikut ini Nama Lokasinya yang Menjadi Surga para Peselancar

Topografi kawasan ini bergelombang dan berbatu dengan ketinggian + 400 - 600 m di atas permukaan laut, dengan tipe iklim C berdasarkan klasifikasi iklim Schmidt dan Ferguson serta memiliki kelembaban rata-rata 60% dan curah hujan rata-rata 2.756 mm/tahun.

Baca Juga: Buronan Pemodal Perusakan Taman Nasional Berhasil Ditangkap

Dilansir dari ksdajateng.id dalam artikel berjudul Suaka Margasatwa G. Tunggangan, disampaikan bahwa flora penyusun Suaka Margasatwa Gunung Tunggangan antara lain Sono keling (Dalbergia latifolia), Mahoni (Swietenia mahagoni), Jati (Tectona grandis), Cendana (Santalum album), Preh (Ficus benjamina), Walikukun (Actinophora fragans), Temu, Puyeng, Sambiroto, Serut (Streblus asper) dan Pule Pandak (Rauwolfia serpentina).

Halaman:

Editor: Servatinus Mammilianus

Sumber: ksdajateng.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X